Sabtu, 12 Januari 2013

Animasi 2D dengan Direct3D Bagian 2

Animasi 2D dengan Direct3D Bagian 2



Tutorial ini membahas bagaimana membuat animasi 2D menggunakan Direct3D. Disini kita akan membahas pencerminan sprite.
Pada tutorial sebelumnya "Animasi 2D dengan Direct3D Bagian 1", mungkin anda bertanya, bagaimana menampilkan karakter yang menghadap ke kanan sehingga tampil sebaliknya (menghadap ke kiri) atau yang sering disebut mirror.Apakah harus membuat dua gambar (kiri dan kanan) untuk tiap frame animasi?
Tentu saja tidak perlu memboroskan memori, untuk menghasilkan efek mirror ini. Tidak terlalu susah, anda hanya perlu sedikit memahami proses transformasi penskalaan. Misal kita punya variabel berikut:
var scale:TD3DXVector2;
jika kita isi scale:
scale.x:=1;
scale.y:=1;
maka poligon sprite akan ditampilkan apa adanya karena perkalian dengan satu menghasilkan bilangan itu sendiri. Jika kita set scale dengan bilangan lebih dari satu, poligon akan diskala sesuai isi masing-masing sumbu.
scale.x:=2;
scale.y:=1.5;
Jika poligon sprite sebesar 100x100, maka setelah transformasi poligon akan menjadi 200x150. Sprite akan tampak stretched. Hal menarik terjadi bila kita isi x atau y atau keduanya dengan bilangan negatif. Sprite akan ditampilkan terbalik. Jika scale kita isi dengan
scale.x:=-1;
scale.y:=1;
maka akan tampak bahwa sprite di cerminkan horizontal dengan garis pencerminan ada pada (0,0) hingga (0,Height) dan bila kita set dengan
scale.x:=1;
scale.y:=-1;

Tidak ada komentar:

Posting Komentar