Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan
teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan
koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001). Multimedia sering
digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia
juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia juga dapat diartikan
sebagai penggunaan beberapa media yang berbeda dalam menyampaikan
informasi berbentuk text, audio, grafik, animasi, dan video.
Definisi Multimedia menurut beberapa ahli
Rosch, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari komputer dan video
McComick, 1996 : Multimedia adalah Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks
Turban
dan kawan-kawan, 2002 : Multimedia adalah Kombinasi dari paling sedikit
dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara,
musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar
Robin dan Linda, 2001
: Multimedia adalah Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis
dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan
video
Steinmetz (1995, p2) : Multimedia adalah gabungan dari
seminimalnya sebuah media diskrit dan sebuah media kontinu. Media
diskrit adalah sebuah media dimana validitas datanya tidak tergantung
dari kondisi waktu, termasuk didalamnya teks dan grafik. Sedangkan yang
dimaksud dengan media kontinu adalah sebuah media dimana validitas
datanya tergantung dari kondisi waktu, termasuk di dalamnya suara dan
video.
Vaughan (2004, p1) : Multimedia adalah beberapa kombinasi dari
teks, gambar, suara, animasi dan video dikirim ke anda melalui komputer
atau alat elektronik lainnya atau dengan manipulasi digital.
Kategori Multimedia
Multimedia dapat di definisikan menjadi 2 kategori, yaitu Multimedia Content Production dan Multimedia Communication.
Multimedia
Content Production adalah penggunaan beberapa media (teks, audio,
graphics, animation, video dan interactivity) yang berbeda dalam
menyampaikan suatu informasi atau menghasilkan produk multimedia seperti
video, audio, musik, film, game, entertaintment, dll. Bisa juga
dikatakan sebagai penggunaan beberapa teknologi yang berbeda yang
memungkinkan untuk menggabungkan media (teks, audio, graphics,
animation, video, dan interactivity) dengan cara yang baru untuk tujuan
komunikasi. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
Media teks/tulisan
Media audio/suara
Media video
Media animasi
Media gambar
Media Interaktif
Media spesial effect
Multimedia
Communication adalah penggunaan media (massa), seperti televisi, radio,
media cetak dan internet untuk mempublikasikan / menyiarkan /
mengkomunikasikan material periklanan, publikasi, entertaintment,
berita, pendidikan, dll. Dalam kategori ini media yang digunakan adalah :
TV
Radio
Film
Media Cetak
Musik
Game
Entertainment
Tutorial
Internet
Dengan
penggunaan multimedia, penyampaian informasi akan menjadi lebih menarik
dan mempermudah pengguna dalam mendapatkan informasi tersebut. Seperti
yang disebutkan dalam laporan hasil penelitian yang dikeluarkan oleh
Computer Technology Research (Hofstetter, p4) bahwa seseorang hanya akan
mendapatkan 20% dari apa yang mereka lihat dan 30% dari yang mereka
dengar. Sedangkan melalui multimedia akan mendapatkan 50% dari apa yang
mereka lihat dan dengar, sampai 80% dari apa yang mereka lihat, dengar
dan berinteraksi dengan pada waktu yang sama.
Elemen Multimedia
Menurut Hofstetter (2001, p16) komponen multimedia terbagi atas lima jenis yaitu:
Teks
Teks
merupakan elemen multimedia yang menjadi dasar untuk menyampaikan
informasi, karena teks adalah jenis data yang paling sederhana dan
membutuhkan tempat penyimpanan yang paling kecil. Teks
merupakan cara
yang paling efektif dalam mengemukakan ide-ide kepada pengguna,
sehingga penyampaian informasi akan lebih mudah dimengerti oleh
masyarakat. Jenis-jenis teks seperti Printed Text, yaitu teks yang
dihasilkan oleh word processor atau word editor dengan cara diketik yang
nantinya dapat dicetak. Scanned Text yaitu teks yang dihasilkan melalui
proses scanning tanpa pengetikan. Dan Hypertext yaitu jenis teks yang
memberikan link ke suatu tempat / meloncat ke topik tertentu.
Grafik (image)
Sangat
bermanfaat untuk mengilustrasi informasi yang akan disampaikan terutama
informasi yang tidak dapat dijelaskan dengan kata-kata. Jenis-jenis
grafik seperti bitmap yaitu gambar yang disimpan dalam bentuk kumpulan
pixel, yang berkaitan dengan titik-titik pada layar monitor. Digitized
picture adalah gambar hasil rekaman video atau kamera yang dipindahkan
ke komputer dan diubah ke dalam bentuk bitmaps. Hyperpictures, sama
seperti hypertext hanya saja dalam bentuk gambar.
Audio
Multimedia tidak akan lengkap jika tanpa audio (suara). Audio bisa berupa percakapan, musik atau efek suara.
Format dasar audio terdiri dari beberapa jenis :
WAVE
Merupakan format file digital audio yang disimpan dalam bentuk digital dengan eksistensi WAV
MIDI (Musical Instrument Digital Interface)
MIDI
memberikan cara yang lebih efisien dalam merekam music dibandingkan
wave, kapasitas data yang dihasilkan juga jauh lebih kecil. MIDI
disimpan dalam bentuk MID.
Video
Video menyediakan sumber yang
kaya dan hidup untuk aplikasi multimedia. Dengan video dapat menerangkan
hal-hal yang sulit digambarkan lewat kata-kata atau gambar diam dan
dapat menggambarkan
emosi dan psikologi manusia secara lebih jelas.
Animasi
Animasi
adalah simulasi gerakan yang dihasilkan dengan menayangkan rentetan
frame ke layer. Frame adalah satu gambar tunggal pada rentetan gambar
yang membentuk animasi.
Menurut Foley, Van Dam, Feiner dan Hughes
(1997, p1057) Animate adalah untuk membuat sesuatu hidup, sebagian orang
mengira bahwa animasi itu sama dengan motion (gerakan), tetapi animasi
mencakup
semua yang mengandung efek visual sehingga animasi mencakup
perubahan posisi terhadap waktu, bentuk, warna, struktur, tekstur dari
sebuah objek, posisi kamera, pencahayaan, orientasi dan focus dan
perubahan dalam teknik rendering
Tidak ada komentar:
Posting Komentar